Bersama Berbagi Informasi

Berdayakan Lingkungan Daerah, Pemuda Lebak Dirikan Rumah Pengelolaan Lebah Trigona.

0 120

Bantenshare.com, Lebak—Bermula dari keinginan untuk membangun daerah, pemuda lebak dirikan rumah pengelolaan lebah trigona. Putuh komaratulloh selaku pemilik rumah pengelolaan lebah trigona atau stingless bee house dalam wawancaranya kepada bantenshare.com pada jum’at (3/4) lalu menjelaskan bahwa rumah pengelolaan budidaya lebah trigona miliknya ini didirikan pada 12 desember 2018, awalnya ia memulai dengan 5 koloni lebah, dan sekarang sudah berkembang menjadi 200 koloni lebih.”Saya mulai dengan 5 koloni dan alhamdulilah sekarang sudah berkembang banyak,” ujarnya.

Pria lulusan fakultas kehutanan UNB ini menjelaskan bahwa secara teknis pengelolaan dan pembudidayaan lebah trigona ini dimulai dengan beberapa tahap diantaranya ialah tahap pembibitan yang dimulai sejak tiga bulan pertama dimana pada fase ini menunggu regenerasi koloni dan menunggu calon ratu lebah yang baru,selanjutnya setelah koloni terbentuk dan ratu lebah terpilih kemudian dilakukan pemecahan menjadi beberapa koloni sembari menuai panen madu yang sudah terbentuk.

Tercatat saat ini stingless bee house sudah berhasil memproduksi madu 30 sampai 40 botol perbulan,dengan botol berukuran 120 ml dan 150 ml, serta bisa mencapai omset Rp 3,5 juta sampai 4 juta perbulan.

Rumah pengelolaan budidaya lebah trigona ini atau yang biasa disebut stingless bee house/trigona honey specialist ini berdiri diatas lahan seluas 2000 meter persegi yang berlokasi di kampung bulakan Rt 01/01 desa nayagati, kecamatan leuwidamar,lebak.

Sementara ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Lebak,Haodudin mengatakan keberadaan stingless bee house ini sangatlah positif, selain bisa memacu pertumbuhan ekonomi daerah keberadaan fasilitas ini bisa mendukung tumbuh dan majunya sektor pariwisata pasalnya para wisatawan bisa diarahkan menjadi penikmat spot ekowisata berbasiskan edukasi dan konservasi alam.

“Saya sangat senang dengan kehadiran rumah pengelolaan budidaya lebah trigona ini, semoga hal ini bisa memacu daerah lain juga supaya lebih memajukan potensi lingkungan didaerahnya” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.