Bersama Berbagi Informasi

Belajar Fisika Semakin Mudah Lewat Channel Youtube Extraordinary Teacher.

0 437

 

Bantenshare.com,Lebak—Demi mengajarkan fisika kepada murid menjadi mudah difahami, seorang guru buat channel youtube

Muhammad selaku Guru SMA Negeri 1 Banjarsari dalam wawancaranya dengan bantenshare.com pada Rabu (10/6) lalu mengatakan bahwa saat ini dirinya sudah membuat youtube channel bernama extraordinary teacher. Awalnya channel youtube ini dibuat bertujuan sebagai wahana publikasi karya siswa sekaligus bentuk apresiasi atas karya-karya siswa, namun dalam perkembangannya channel youtube ini berfungsi sebagai wahana belajar siswa.

“Saya isi channel youtube ini secara berkesinambungan dengan materi pelajaran fisika yang berbeda tiap episodenya,” ujarnya.

Pria alumnus jurusan pendidikan fisika universitas pendidikan indonesia (UPI) ini menjelaskan, youtube channel extraordinary teacher ini berjalan sejak tahun 2015, sudah memiliki banyak viewers dan subcribers.

Lewat channel youtube ini para siswa bisa belajar fisika dengan suasana mudah dan menyenangkan, konten youtube ini di kemas dengan penyajian menarik yang kebanyakan berisi teori sekaligus praktek. Melalui metode percobaan,simulasi dan praktek para siswa menjadi semakin antusias dalam mempelajari fisika.

Lanjut Muhamad menjelaskan, Fisika bukanlah mata pelajaran yang sulit, kesukaran siswa dalam menyerap pelajaran dikarenakan semua disampaikan secara teori,namun jika fisika disampaikan secara praktek dengan metode simulasi dan percobaan maka siswa berubah menjadi antusias dalam menerima pelajaran, selain itu usaha pengenalan pelajaran Fisika agar dirasa menyenangan bagi siswa adalah dengan kebermaknaan pelajaran fisika pada kehidupan sehari-hari siswa terutama melatih kemampuan memecahkan masalah.

Dalam rentang perjalanan kariernya sebagai pengajar, muhammad telah memperoleh berbagai prestasi yaitu; Juara 1 Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional di tahun 2014, juara 1 LKG tingkat kabupaten tahun 2014 juara 2 LKG tk Propinsi tahun 2014 dan lain-lain.

Selain itu muhammad pernah mengikuti International Conference (ICon) pada tahun 2011 yang diikuiti oleh negara-negara ASEAN diselenggarakan oleh SEAMEO Qitep dan meraih juara 2 pada penganugrahan Best of Paper Presentation,
dan di tahun 2016 hingga 2019 mendapatkan kesempatan melalui BPKLN (Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri) Kemdikbud diperbantukan mengajar di SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri) Jeddah-arab saudi.

“Saya berharap channel youtube ini dapat menjadi wadah publikasi ilmiah selama proses pembelajaran dan ajang apresiasi untuk siswa. Selain itu, semoga bisa mendapatkan nilai tambah lainnya,” pungkasnya.

Sementara Haodudin selaku pengamat pendidikan dari Banten heritage mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi secara positif dengan kegiatan yang dilakukan oleh muhamad selaku pengajar melalui channel youtube-nya.

“Saya mendukung sepenuhnya dengan kegiatan channel youtube extraordinary teacher ini, isinya sangat menarik sehingga para siswa menjadi tertarik dalam mempelajari ulang pelajaran fisika, saya berharap semoga channel youtube ini menjadi semakin berkembang dalam tiap kontennya kelak,” pungkasnya (Teguh setiawan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.