oleh

7 Macam Buah yang Kaya Akan Vitamin C

Vitamin C dalam tubuh berperan sangat penting baik sebagai antioksidan penangkal radikal bebas maupun membangun jaringan sel dalam tubuh. Walaupun begitu, vitamin C sebetulnya tidak diproduksi langsung oleh tubuh, juga tidak disimpan sebagai cadangan makanan. Manusia harus mengasup vitamin C dari berbagai macam sumber makanan bergizi secara teratur.

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai macam masalah dalam tubuh, misalnya saja sistem imunitas tubuh berkurang, penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit mata, dan terjadinya penuaan dini karena kurangnya antioksidan yang diasup tubuh.

Loading...

Agar tidak kekurangan vitamin C, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Berikut merupakan contoh 7 macam buah-buahan dengan kandungan vitamin C tertinggi :

1. Jambu Biji

Jambu biji menempati urutan pertama buah yang kaya akan vitamin C. Satu buah jambu biji rata-rata mengandung sekitar 377 mg vitamin C. Angka ini setara dengan 628% DV (Daily Value). Artinya dengan mengonsumsi satu buah jambu biji, seseorang sudah memebuhi lebih dari 6 kali kebutuhan harian akan vitamin C.

Jambu biji biasa dimakan langsung atau diolah menjadi jus. Jika dibuat jus, akan lebih banyak daging yang bisa dimakan, hanya saja perlu disaring jus dari sisa bijinya, karena jika termakan biji jambu biji dapat menyebabkan berbagai masalah seperti usus buntu misalnya.

2. Buah Beri Hitam (Blackcurrant)

Buah selanjutnya yang kaya akan vitamin C adalah buah beri hitam atau blackcurrant. Buah ini berukuran kecil-kecil, rasanya sedikit asam dan segar. Satu cangkir buah beri hitam mengandung kira-kira 203 mg vitamin C, yang sudah memenuhi 3 kali kebutuhan harian vitamin C manusia.

Buah beri hitam ini terkenal pula dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Blackcurrant dapat dimakan secara langsung atau dilah menjadi jus dengan campuran strawberry untuk menambah kesegarannya.

3. Kiwi

Kiwi yang berasal dari negara Selandia Baru ini juga termasuk salah satu buah dengan kandungan vitamin C tinggi. Satu buah kiwi dengan bobot 100-200 gram rata-rata memiliki kandungan vitamin C hingga 164 mg. Jika seseorang memakan satu buah kiwi, maka kebutuhan vitamin C hariannya telah terpenuhi sebanyak hampir 3 kali lipat.

4. Jeruk

Dengan warna oranye menyala, banyak orang mengira bahwa jeruk merupakan buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Namun sebetulnya, kandungan vitamin C dalam jeruk masih kalah dengan tiga buah di atas. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung kira-kira 82 mg vitamin C. Jumlah yang sebenarnya cukup banyak pula, memenuhi 1,5 kali kebutuhan harian manusia akan vitamin C.

5. Strawberry

Buah dengan warna merah menggoda ini banyak dihasilkan oleh daerah dataran tinggi di Indonesia. Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi pula. Satu cangkir buah strawberry kira-kira mengandung 90 mg vitamin C yang hampir sama jumlahnya dengan satu buah jeruk berukuran besar.

6. Pepaya

Selain berguna untuk memperlancar pencernaan, pepaya juga sangat kaya akan kandungan vitamin C. Dalam 100 gram buah pepaya, terkandung sekitar 60,9 mg vitamin C, yang artinya cukup memenuhi kebutuhan harian vitamin C manusia. Tidak terlalu suka pepaya? Anda bisa menambahkan perasan jeruk lemon untuk menambah cita rasanya. Dijamin sedap disantap!

7. Nanas

Nanas yang termasuk dalam buah-buahan tropis ini juga cukup kaya akan kandungan vitamin C. Dalam 100 gram daging nanas, terkandung sekitar 47,8 gram vitamin C. Nanas dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti selai, rujak, bahkan untuk pelengkap nasi kebuli.

Demikianlah 7 macam buah-buahan yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Ingin tubuh selalu sehat dan kulit terhindar dari serangan radikal bebas? Mari konsumsi berbagai buah tersebut untuk memenuhi kebutuhan vitamin C yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *