oleh

5 Cara Mengobati Flu Secara Alami, Yang Perlu Anda Coba

Salah satu penyakit yang mudah menular dan cukup mengganggu aktivitas adalah influenza. Penyakit yang menyebabkan hidung tersumbat, demam, hingga sakit kepala ini disebabkan oleh virus yang sebetulnya tidak mampu disembuhkan dengan antibiotik sebagai obat pemusnah bakteri.

Terutama di saat musim hujan, Anda sebaiknya lebih menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tidak tertular flu. Namun jika sudah terlanjur tertular, segera siapkan berbagai macam bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati flu secara alami.

Loading...

Inilah 5 Cara Mengobati Flu Secara Alami atau Tradisional

1. Jahe

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bumbu dapur yang satu ini mampu digunakan sebagai cara mengobati flu. Caranya pun mudah saja, yaitu dengan merebus 1-2 ruas jahe yang dicampurkan dalam 2 gelas air. Rebus hingga air berkurang menjadi setengahnya, kemudian air rebusan jahe tersebut bisa diminumkan kepada penderita flu.

Jahe dapat membantu menghangatkan tubuh, sekaligus mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu, karena menaikkan temperatur tubuh, jahe juga mampu mengeluarkan berbagai racun yang ada dalam tubuh, sehingga mengurangi rasa pusing, keringat dingin, dan juga menambah nafsu makan. Jahe juga membantu memperkuat sistem imunitas untuk memerangi virus influenza yang masuk ke dalam tubuh.

2. Madu

Mengkonsumsi madu yang berasal dari lebah asli (bukan madu buatan) juga merupakan salah satu cara mengobati flu yang secara alami. Dalam sebuah penelitian dengan partisipan anak-anak, konsumsi 10 gram madu cukup efektif untuk menekan batuk ketika flu menyerang. Anak-anak tersebut juga tidaur dengan lebih tenang karena gejala flu berkurang.

Madu dapat dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang sudah manis dan ramah terhadap lidah anak. Jika ingin lebih efektif, Anda bisa juga menambahkan madu pada air rebusan jahe sehingga khasiatnya lebih kuat.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga sangat bermanfaat sebagai salah satu bahan alami cara mengobati flu. Terdapat kandungan alisin dalam bawang putih yang juga memiliki kandungan zat antivirus. Menggunakan bawang putih dalam sup atau berbagai masakan hangat untuk penderita flu dapat mengurangi gejala batuk, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Selain zat alisin, terdapat pula kandungan mineral seperti sulfur dan selenium, serta sedikit vitamin C yang mampu berkontribusi untuk menyembuhkan flu.

4. Jeruk Lemon

Lemon memiliki kandungan antibakteri, anti jamur, dan antivirus yang mampu memperlemah virus influenza dalam tubuh. Cara mengonsumsi lemon pun cukup mudah, Anda hanya perlu memeras satu buah lemon dan dicampurkan dengan segelas air hangat. Minum perasan lemon ini 3-4 kali dalam sehari sampai gejala flu berkurang. Jika suka, perasan lemon juga bisa dicampurkan dengan air jahe dan madu untuk menambah khasiatnya.

5. Daun Mint

Daun mint banyak digunakan untuk memberikan kesegaran dalam berbagai hidangan minuman. Siapa sangka ternyata mengonsumsi daun mint juga merupakan salah satu cara mengobati flu yang cukup efektif. Daun mint mengandung menthol yang berperan untuk meredakan hidung tersumbat, membuat tenggorokan lebih lega, dan meredakan batuk.

Untuk menggunakan daun mint sebagai obat flu, Anda dapat memotong-motong kecil daun mint dan mencampurkannya dengan secangkir air hangat. Saring airnya dan tambahkan madu atau teh untuk menambah cita rasanya. Minum 3-4 kali sehari untuk pemulihan yang cepat.

Demikianlah cara mengobati flu secara alami. Tentu saja selain dengan mengonsumsi bahan-bahan alami tersebut, Anda memerlukan istirahat cukup sehingga zat pemulih yang terkandung di dalamnya dapat bekerja dengan maksimal. Istirahat penuh satu hingga dua hari lebih baik daripada penyembuhan tertunda hingga berhari-hari karena kurang istirahat.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *