3 Tips Menyiapkan Keuangan Sebelum Melahirkan Buah Hati

Tips Menyiapkan Keuangan Sebelum Melahirkan. Memiliki buah hati adalah idaman semua orang, terutama bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Kehadirannya yang begitu dinanti-nanti ini, tentunya menjadi karunia luar biasa, sehingga sangat wajar jika banyak orang tua di dunia mengharapkan bisa memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka.

Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa untuk bisa memberikan yang terbaik, maka kita membutuhkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Baik itu untuk mengasuhnya, memenuhi kebutuhannya, maupun untuk persiapan dana pendidikannya saat sudah memasuki usia sekolah. Dan uang yang tidak sedikit itu perlu kita siapkan jauh hari sebelumnya. Untuk itu sebaiknya simak dan terapkan tips berikut ini:

1. Membuat Tabungan Kehamilan di Awal Pernikahan

Pernikahan itu tidak hanya berisi cerita suka saja, namun banyak sisi prihatin yang perlu kita sadari, salah satunya yang berkaitan dengan kondisi keuangan. Apalagi jika Anda atau istri Anda sedang hamil. Banyak pengeluaran-pengeluaran tak terduga yang mungkin Anda harus keluarkan.

Saat hamil, maka Anda perlu secara rutin cek kehamilan ke dokter, dan untuk itu Anda membutuhkan dana. Tidak hanya itu, kebutuhan asupan gizi untuk Anda dan janin di dalam perut pun butuh biaya yang tidak sedikit, entah itu untuk membeli susu ibu hamil, buah-buahan, vitamin atau asupan lainnya. Dan itu semua membutuhkan uang yang tentunya tidak bisa dibilang sedikit.

Untuk mengatasi semua kemungkinan pengeluaran selama kehamilan itu, maka Anda disarankan untuk mulai menabung dari awal pernikahan atau sebelum Anda hamil. Sehingga ketika Anda hamil, maka kebutuhan-kebutuhan itu bisa tercukupi dengan dana yang ada, jadi Anda lebih bisa fokus dengan kehamilan.

2. Menyiapkan Biaya Persalinan

Saat Anda dinyatakan hamil, maka detik itu juga Anda sudah perlu memikirkan untuk menyiapkan biaya persalinan. Biaya persalinan yang perlu Anda siapkan tentu saja tidak sedikit, karena Anda perlu menyiapkan resiko terburuk dari proses persalinan, misalnya saja resiko bahwa Anda melakukan persalinan dengan di cesar yang membutuhkan dana yang cukup besar.

Biaya persalinan ini bisa Anda sisihkan dari penghasilan Anda setiap bulannya, tentunya dengan porsi yang cukup besar. Sehingga saat Anda hendak melahirkan di bulan ke sembilan, dana persalinan pun sudah terkumpul. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari pinjaman dan risau dengan proses persalinannya. Tentunya Anda tidak mau kan ditolak banyak rumah bersalin hanya karena tidak memiliki uang? Dan Anda pun bisa leluasa memilih tempat bersalin yang menurut Anda paling nyaman, tanpa perlu takut memikirkan biayanya.

Jika Anda stress memikirkan biaya persalinan di kondisi sedang hamil, maka dikhawatirkan bisa mempengaruhi kesehatan janin. Oleh karena itulah penting sekali bagi Anda menyiapkan dana persalinan mulai dari jauh-jauh hari.

3. Mulai Menyisihkan Penghasilan Untuk Dana Pendidikan Saat Hamil

Disamping menyisihkan penghasilan untuk biaya persalinan, maka Anda pun perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana pendidikan sejak kehamilan. Ini perlu dilakukan karena biaya pendidikan saat ini sangat tinggi. Terutama jika kita ingin menyekolahkan anak kita di sekolah yang berkualitas

Baca Juga : Tips Mengelola Keuangan Dari Gaji di Bawah 2 Juta dan Sudah Berkeluarga

Jadi, karena tingginya biaya pendidikan ini, maka kita harus pintar-pintar menyisihkan sebagian pendapatan dengan persentase yang tetap setiap bulannya. Kenapa perlu dengan persentase tetap? Agar jumlah uang yang terkumpul bisa diprediksi di tahun ketika anak kita sudah saatnya masuk sekolah dan membutuhkan dana tersebut.

Nah, semoga informasi mengenai tips menyiapkan keuangan buah hati di atas, bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Tetap semangat…

Related Posts

Add Comment